Kamis, 01 Maret 2012

Pengertian / Definisi dan Perbedaan Antara mikroprosesor, Mikrokomputer dan Mikrokontroler. (Pertemuan 1)

       1. Mikroprosesor / Prosesor / CPU
-chip yg mrpk otak dr komputer (nanang)
-mesin menghitung (bambang)
Mikroprosesor secara umum dapat diterjemahkan sebagai pemroses mikro/pengolah mikro. Secara fisik mikroprosesor adalah sebuah keping (chip) yg merupakan perpaduan dari suatu rangkaian elektronika yang rumit yang dirancang / dibuat untuk mengolah / memproses pekerjaan-pekerjaan yang cukup kompleks. Jadi, istilah mikro pada mikroprosesor sangat berkait dengan ukuran fisik mikroprosesor yang terbilang kecil.

  1. Mikrokomputer / Komputer / PC
-sebuah sistem yg berbasis mikroprosesor yg digunakan utk memproses data dg cepat. (nizar)

  1. Mikrokontroler / SCM
-sebuah sistem yg hanya mengatur / mpy satu tugas misal pada traffic light / escalator (febriana)
-suatu komponen kecil yg dipakai untuk pengendalian (yusuf)
-sebuah piranti yg berbentuk mikro yg digunakan utk mengendalikan piranti yg lain (pandu)
Mikrokontroler merupakan sebuah chip yang terdiri dari RAM, ROM dan peranti I/O. Mikrokontroler juga merupakan sebuah mikroprosesor yang dikombinasi dengan I/O dan memori (RAM/ROM) yang dikemas dalam satu chip, yang menghasilkan single chip microcomputer (SCM) untuk membedakannya dengan mikrokomputer. Untuk selanjutnya SCM dapat disebut mikrokontroler.
Di antara keuntungan pemakaian mikrokontroler dibanding kan mikroprosesor adalah pada mikrokontroler sudah terdapat RAM dan peralatan I/O pendukung sehingga tidak perlu menambahkannya.
  1. Beberapa perbedaan dan persamaan antara mikroprosesor, mikrokomputer dan mikrokontroler.
?




Persamaan mikrokomputer dan mikrokontroler
Perbedaan mikrokomputer dan mikrokontroler
1. Sama-sama sebagai alat pemroses data digital dan dari segi fisik sama-sama terbuat dari chip/microchip.
2. Sama terdapat memori (RAM dan ROM), I/O device,dan CPU serta struktur bus.
3. Sama-sama bersifat programable.



  1. Kalau mikrokontroler berfungsi hanya untuk pengendalian tunggal / di dalamnya hanya terdapat satu program saja utk tujuan tertentu, dan sebaliknya jika mikrokomputer dapat melakukakan fungsi lebih dari satu program / multifungsi dalam waktu yang bersamaan.
  2. Kapasitas memori pada mikrokomputer ROM lebih kecil dibanding RAM-nya, namun sebaliknya pada mikrokontroler kapasitas ROM lebih besar dibandingkan dengan RAM-nya.
  3. Kecepatan proses pada mikrokontroler jauh lebih cepat dibanding dengan proses pada mikrokomputer, dikarenakan pada mikrokontroler menggunakan bahasa assembly/ bahasa rakitan (Low Level Leanguage) yang mendekati bahasa mesin, sedangkan pada mikrokomputer menggunakan bahasa tingkat tinggi (High Level Leanguage) yg mendekati bahasa manusia.
  4. Pada mikrokontroler hanya membutuhkan memori yang kecil (dengan bahasa tingkat rendah), sedang pada mikrokomputer membutuhkan memori yang besar (dengan bahasa tingkat tinggi).


Nb. : -mikroprosesor adalah merupakan bagian dari sistem komputer / mikrokomputer, dimana sistem komputer terdiri dari cpu, memori, I/O device dan struktur bus/sistem bus.

Download E-Book

1 Komentar:

Anonim mengatakan...

Sangat membantu Gan (y)

By SMK ANTARTIKA 1 SDA

Poskan Komentar

Like

Recent Posts