Minggu, 04 Maret 2012

Valentine Day

Tahukah kalian ? Bahwa banyak sekali kawula muda yang akan menanti-nanti Hari Valentine Day, dan tentunya sudah tidak asing lagi bagi kita.

Valentine Day biasa disebut dengan hari kasih saying, baik kepada keluarga, teman, sahabat, pacar, dan siapapun yang dianggap special baginya. Momentum ini biasanya dimanfaatkan oleh kebanyakan orang, terutama pasangan anak-anak muda untuk memberikan bentuk kasih sayanh mereka kepada kekasihnya. Mari kita amati, mulai dari pelajar SMP, SMA dan Mahasiswa, mulai di Perkotaan ataupun di Perdesaan. Mereka sangat antusias menanti tanggal 14 Februari serta menyiapkan hadiah special untuk orang yang mereka sayangi. Nampaknya hal ini sudah membudaya di Indonesia.
Sebelum kita ikut merayakannya, atau bahkan sudah pernah terjerumus merayakan Valentine Day , maka kita harus tahu dulu apa itu Valentine Day?.


Oke sob,,, sejenak kita simak cerita berikut ini :
Valentine Day ternyata diambil dari nama seseorang pendeta (Biarawan) Katolik yang menjadi martyr (dalam Islam :”Syuhada”) yang karena kesalahan dan sifatnya yang dermawan maka ia diberi gelar Saint atau Santo. Valentine dihukum mati oleh kaisar Claudius II karena menentang peraturan yang melarang pemuda  Romawi menjalin hubungan cinta dan menikah karena mereka akan dikirm ke medan perang. Valentine meninggal tanggal 14 Februari 269 dan dimakamkan di Gereja praksedes Roma.


Pada tahun 469, Paus Gelasius I menyatakan tanggal 14 Februari sebagai hari peringatan St. Valentine. Kebetulan tanggal kematian Valentine bertepatan dengan perayaan Lupercalia, suatu perayaan orang Romawi untuk menghormati dewa kesuburan Februata Juno. Dalam perayaan ini, orang Romawi melakukan undian seksual!. Caranya, mereka memasukkan nama kedalam suatu wadah, lalu mengambil secara acak nama lawan jenisnya. Namun yang didapat itu menjadi pasangan hidupnya selama satu tahun. Lalu pada perayaan berikutnya mereka melakukan undi lagi. Rupanya Paus tidak puas dengan cara perayaan ini. Karena itulah, gereja sedikit merenovasi acara ini. Mereka memasukkan nama-nama santo kedalam kotak . selama setahun setiap oramh akan meneladani santo yang tertulis pada undian yang diambilnya. Untuk membuat acara itu sedikit lucu, gereja juga memasukkan nama Simeon Stylies. Orang yang mengambil nama in dianggap apes alias tidak mujur, soalnya Simeon menghabiskan hidupnya diatas pillar, tidak beranjak satu kalipun.


Sob… ternyata perayaan Valentine Day itu Cuma mengenang dan merayakan perjuangan seorang Pastur. Kok dari umat muslim sendiri banyak yang merayakan YA?? Dan apakah seorang muslim boleh merayakan Valentine Day?? Ternyata banyak sekali ayat dan hadist Nabi yang menjawab hal yang demikian


“Dan janganlah kamu mengikuti apa yang kamutidak mempunyai pengetahuan tentangnya. Sesungguhnya pendengaran, penglihatan dan hati, semua itu akan diminta pertanggunganjawabnya”. 
(QS. Al-Isra’ 17:36)


Kemudian dijelaskan lagi dalam hadits Rasulullah SAW “Barang siapa yang mengikuti suatu kaum (Agama), maka dia termasuk kaum (Agama) itu.”


“Orang – orang Yahudi dan Nasrani  tidak akan senang kepada kamu hingga kamu mengikuti agama mereka. Katakanlah : “Sesungguhnya petunjuk Allah itulah petunjuk (yang benar)”. Dan sesungguhnya jika kamu mengikuti kemana mereka setelah pengetahuan datang krpadamu, maka Allah tidak lagi menjadi pelindung dan penolong bagimu” (QS. Al-Baqarah 2:120)


Sobb… setelah kita tahu sejarah dan hokum merayakan Valentine Day mari kita renungkan terlebih dahulu ayat dan hadits diatas, sudah jelas bukan larangan orang muslim mengikui orang Yahudi dan Nasrani . berilah pemahaman kepada orang terdekat kita agar tidak terjerumus juga dalam perangkap orang Yahudi dan Nasrani.

0 Komentar:

Posting Komentar

Like

Recent Posts